Pages

Tuesday, November 5, 2013

MERANCANG POSTUR TUBUH


Topik:Olah Raga:: Sabtu 21 Oktober 2000 16:15:12

--------------------------------------------------------------------------------

infokes.com



Postur tubuh yang bagus bukanlah hasil sulap.
Pelajari cara memperolehnya berikut latihan untuk mempertahankannya.

Kebanyakan dari kita cenderung duduk agak merosot, terutama saat bersantai. Ini merupakan kebiasaan buruk da perlu dikoreksi, selain tidak baik bagi kesehatan punggung juga membuat Anda kelihatan lebih gemuk. Sekaliun Anda ramping.

Bagaimana postur yang baik? Bukan posisi punggung tegak lurus, bahu bidang, dan dagu terangkat semata. Postur yang baik adalah tegak namun rileks. Bayangkan seolah-olah Anda tergantung di langit-langit dengan seutas kawat pada kepala Anda dan semua tulang lurus ke bawah. Bahu harus dalam keadaan rileks, otot perut cukup kuat untuk menopang perut dan otot punggung kuat untuk membantu otot-otot perut melakukan tugasnya.
Berdirilah di depan cermin besar dan mintalah bantuan seorang teman untuk mengamati postur tubuh Anda. Pastikan Anda tidak bungkuk, pinggul dan bahu tidak miring. Jadi yang harus dicapai adalah keseimbangan mulai dari jari kaki sampai kepala.

Selain posisi tubuh, rasa kurang percaya diri cenderung tercermin pada postur tubuh dan merusak penampilan Anda. Kadang-kadang Anda bisa mengatasinya dengan berdiri lebih tegak. Bahasa tubuh Anda yang bagus mengatakan, “Saya yakin, saya mampu.”

Jika telah terbiasa bungkuk, mula-mula Anda tidak merasa nyaman pada saat harus berdiri tegak karena otot tidak sekuat yang semestinya. Latihan-latihan berikut yang diselipkan pada kegiatan sehari-hari akan membantu menguatkan perut dan punggung Anda. Dan berdiri tegak pun terasa lebih mudah.

Pertama-tama mungkin Anda hanya mampu melakukannya beberapa kali, tetapi usahakan untuk terus meningkatkannya sesuai kemampuan. Cobalah melakukan 3 set gerakan, setiap gerakan dilakukan sebanyak sepuluh kali, setiap set diselingi istirahat satu menit. Jangan lupa lakukan perentangan. Berlatih rileks merupakan bagian dari postur yang bagus.
BERDIRI TEGAK, TERLIHAT INDAH
Berdiri dengan kaki terbuka sejajar bahu. Usahakan berat tubuh Anda seimbang merata. Luruskan kaki tetapi jangan kunci persendian lutut Anda. Tahan perut, tarik pinggul Anda seedikit ke bawah sehingga bokong tidak menjorok keluar. Rilekskan bahu Anda dan rasakan tulang-tulang belikat Anda menyatu dan sedikit menurun. Jagalah leher Anda tetap jenjang dan dagu rata – jangan condong keluar atau menariknya ke dalam. Dari samping segalanya harus dalam keadaan sejajar.



MELATIH FLEKSIBILITAS BAHU
Ambil posisi tengkurap dengan dahi menempel pada lantai (gunakan handuk atau matras sebagai alas). Rebahkan lengan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Pada saat mengambil napas, angkat kedua tangan, jaga lengan supaya tetap lurus. Tekan tulang belikat bersamaan dengan Anda mengankat tangan. Tahan di atas selama 1 detik. Kemudian secara perlahan turunkan sambil membuan napas.



MENGUATKAN BOKONG DAN PUNGGUNG BAGIAN BAWAH
Ambil posisi tengkurap, letakkan dahi pada tangan sebagai penyangga. Tekan bokong pada saat mengangkat kaki kanan ke atas. Jagalah kedua pinggul tetap menempel di lantai dan tahan kaki kiri kuat-kuat pada lanati. Jagalah kaki yang diangkat pada posisi lurus. Turunkan secara perlahan dan lakukan hal yang sama pada kaki yang lain.



MELATIH PERUT
Ambil posisi tengkurap, angkat tubuh bagian atas dan topanglah dengan menggunakan siku. Pastikan Anda cukup merasa nyaman. Sekarang tarik napas dan kencangkan otot perut kuat-kuat sehingga sekat rongga dada terangkat dari lantai. Gunakan otot-otot bagian perut untuk mengangkat, jangan gunakan lengan. Tubuh bagian bawah tetap rileks di lantai. Tahan perut selama satu detik, secara perlahan turunkan sambil membuang napas.



GERAKKAN SELURUH PUNGGUNG
Ambil posisi merangkak. Perlahan-lahan angkat lengan dan kaki yang berlawanan, lalu luruskan. Usahakan hindari mengangkat terlalu tinggi. Rasakan seolah-olah tangan dan kaki tertarik ke arah yang berlawanan. Kemudian turunkan secara perlahan-lahan. Angkat kaki dan tangan yang lainnya.



MEMBENTUK BAHU YANG KUAT
Gunakan alat beban yang ringan (missal: botol, buku, dan sebagainya), berdirilah nyaman dengan punggung tegak. Pegang alat beban itu ke arah depan dengan lengan seedikit melingkar dan buku-buku jari hampir tidak bersentuhan. Pada saat menarik napas, buka lengan An da, tarik siku ke belakang dan tekan tulang belikat secara bersama-sama. Jagalah posisi lengan berada pada ketinggian yang sama. Usahakan gerakan yang dilakukan merupakan tekanan yangkeras dan bukan menyentak. Perlahan-lahan, kembalikan ke posisi semula.



RENTANGKAN BAHU ANDA
Merupakan gerakan yang tepat untuk memacu pembentukan postur tubuh. Berdirilah nyaman dengan lutut sedikit ditekuk dan kedua tangan saling menggenggam di belakang punggung pada saat Anda menarik napas. Angkatlah tangan setinggi mungkin sesuai kemampuan Anda, tahanlah punggung tetap lurus jangan sampai condong ke depan. Tahan selama beberapa detik. Bila Anda telah mencapai rentangan maksimum, lepaskan secara perlahan.


No comments:

Post a Comment