Pages

Wednesday, June 15, 2011

Dilema Dari Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai

(7 Desember 2010)

Memilih perlengkapan bayi merupakan hal penting yang harus dipikirkan orang tua. Tak sedikit orang tua yang menginginkan hal yang terbaik untuk buah hatinya namun kadang tak menyadari konsekuensi yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Dalam hal ini kerap juga dijumpai dalam memilih popok si bayi. Banyak orang tua yang merasa dilema untuk menentukan mana yang terbaik antara popok kain atau popok sekali pakai. Tentu saja baik popok kain bayi ataupun pempers bayi memiliki kekurangan dan kelebihan.

Dan hal-hal tersebut hendaknya dicermati bagi para ibu. Secara kesehatan popok kain lebih memberikan kenyamanan dan menyehatkan bayi. Ini dikarenakan popok kain terbut dari bahan yang lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga anak menjadi nyaman.

Selain itu popok kain juga memiliki harga yang lebih murah dan terdapat banyak pilihan warna. Serta, bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia jika dicuci dengan menggunakan detergen yang khusus untuk bayi. Namun, ini akan memberikan kerepotan ekstra saat bayi ngompol berulang-ulang ataupun sedang buang air besar karena harus sering ganti popok.

Sehingga ibu membutuhkan energi lebih untuk mencuci dan merapikannya guna dipakai lagi selanjutnya. Ketidaknyamanan ini akan semakin terasa saat musim hujan, bayi lebih sering mengompol karena hawa dingin dan untuk menjemur cucian popok kekurangan panas matahari.

Belum lagi bila saat bayi ngompol dan mengenai tempat tidur bayi, maka akan menimbulkan kerepotan baru. Di era modern seperti saat ini, ibu-ibu lebih memilih popok sekali pakai atau pempers bayi untuk perlengkapan bayi mereka. Hal yang pertama dipikirkan adalah pempers bayi akan memberikan kemudahan terutama saat bepergian jauh karena tidak perlu sering ganti popok.

Popok sekali pakai bisa untuk beberapa kali buang air sehingga bayi tidak sering rewel untuk ganti popok. Selain itu, bagi wanita karier ini akan lebih memudahkan karena ia tak perlu berurusan untuk mencuci popok karena memang popok ini di desain untuk sekali pakai.

Namun, popok ini juga memiliki kekurangan yaitu dari segi kenyamanan dan kesehatan si kecil. Pempers cenderung panas yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, harganya juga lebih mahal.



http://anak-cerdas.com/dilema-dari-popok-kain-atau-popok-sekali-pakai.html



FB : http://www.facebook.com/kiranakirani.onlineshop

Mail    : kiranakirani7@yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment