Pages

Saturday, May 12, 2012

Tisu dan Air Dryer, Mana Lebih Bersih?

KOMPAS.com - Kita selalu disarankan untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Yang belum banyak disampaikan, bagaimana cara mengeringkan tangan yang higienis, dalam arti bisa menghindari kuman? Apakah handuk kain, air dryer, atau tisu kertas?

Dua metode pengeringan yang paling lazim digunakan, belum lama ini diuji dalam sebuah penelitian. Dari situ terlihat bahwa mengeringkan tangan dengan handuk kertas ternyata membuat lulus uji kebersihan tanpa terpapar kuman. Bagaimana ceritanya?

Anda tentu tahu bahwa daerah yang lembab menjadi tempat favorit kuman untuk berkembang biak. Studi ini menunjukkan bahwa memastikan bahwa tangan Anda benar-benar sudah kering akan mengurangi paparan kuman, tak peduli metode yang Anda gunakan. Namun menggunakan handuk kertas ternyata mengalahkan metode pengeringan dengan air dryer. Sebab, gesekan antara kulit yang terjadi ketika Anda menggosok-gosokkan tangan di bawah blower bisa melepaskan kuman yang ada di dalam pori-pori kulit.

Namun, jika toilet hanya menyediakan air dyer, Anda pun tetap bisa terhindar dari kuman asal tahu caranya. Ternyata sederhana saja: jangan menggosok-gosokkan kedua tangan. Tadahkan telapak tangan ke atas setidaknya 30 detik. Lebih lama, lebih baik.

Perlu diperhatikan juga untuk tidak mengelap tangan yang basah ke lengan baju atau jeans. Dengan cara ini, tangan Anda hanya akan terkontaminasi kembali. Tetapi, jangan biarkan tangan Anda tetap basah karena akan menyebabkan kuman merajalela di tangan Anda.

Selain itu, sebaiknya gunakan tisu, handuk kertas, atau sarung tangan, saat membuka pintu toilet. Handel pintu juga merupakan sarang kuman.

Sumber: RealAge
http://female.kompas.com/read/2011/03/29/15263774/Tisu.dan.Air.Dryer.Mana.Lebih.Bersih.

No comments:

Post a Comment