Pages

Saturday, May 12, 2012

Cara Tepat Memakai Hand Sanitizer

KOMPAS.com - Agar terhindar dari penyakit seperti batuk dan flu, dokter menganjurkan kita untuk memerhatikan kebersihan, salah satunya dengan cara sering mencuci tangan. Bila kita tidak bisa mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer dapat dijadikan alternatif untuk menghilangkan kuman.

Di pasaran, kita banyak menemukan berbagai merek hand sanitizer. Yang manakah yang bisa jadi pilihan andalan? Menurut anjuran FDA, atau badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat, sebaiknya Anda tidak cepat tertarik dengan label yang menjanjikan kemampuan membunuh kuman hingga 99,9 persen. Coba periksa label kemasannya, dan cari tahu sebesar apa konsentrat alkohol yang terkandung di dalam hand sanitizer itu. Pastikan kandungannya lebih dari 60 persen. Sebagian besar produk hanya memiliki kandungan sekitar 40 persen saja, dan ini belum cukup ampuh dalam membunuh kuman.

Selain pintar dalam memilih, Anda juga perlu cermat dalam memakai. Ikuti langkah-langkah ini untuk memaksimalkan manfaat hand sanitizer yang Anda beli:

1. Tuangkan hand sanitizer ke telapak tangan dalam jumlah cukup banyak untuk membuat tangan basah ketika digosok.
2. Gosokkan selama 20-30 detik. Bersihkan bagian dalam telapak tangan, kemudian bagian luarnya. Jangan lupakan sela-sela jari dan kuku.
3. Biarkan hingga tangan mengering dengan sendirinya. Jangan membilas tangan dengan air atau mengeringkan dengan handuk setelah menggunakan hand sanitizer.

http://female.kompas.com/read/2012/04/07/17265097/Cara.Tepat.Memakai.Hand.Sanitizer

No comments:

Post a Comment