Pages

Saturday, November 26, 2011

Penyakit yang Rajin Datang Saat Musim Hujan

MUSIM hujan telah tiba. Transisi musim, dari panas ke hujan datang tiba-tiba beberapa waktu kemarin. Hal ini tentu sangat patut untuk disyukuri mengingat lamanya waktu musim panas kemarin. Panas yang sangat terik di siang hari, beberapa hari belakangan juga sudah tak sering kita rasakan. Namun demikian, musim hujan yang baru saja datang juga membawa segudang dampak negatif. Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor misalnya. Selain itu musim hujan juga membawa penyakit.

Musim hujan yang baru saja datang memunculkan berbagai macam penyakit. Demikian ini beberapa penyakit yang muncul saat musim hujan.

Pertama adalah penyakit yang datang melalui virus berbahaya, seperti flu, demam berdarah, diare dan muntah.

Kedua adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Penyakit yang kedua ini biasanya muncul karena bencana yang ditimbulkan akibat musim hujan. Volume air meluap, ditambah saluran air yang tidak berjalan lancar sebagaimana mestinya menyebabkan bakteri dan parasit dari bahan makanan bekas atau kotoran yang terbawa air ke permukaan menyebar. Penyakit yang ditimbulkan adalah diare, disentri, cacingan.

Ketiga penyakit kulit yang disebabkan jamur, karena kelembaban pada pakaian yang tidak bisa dikeringkan dengan baik, menyebabkan jamur kulit seperti di selangkangan, sela jari kaki, lipat payudara.

Keempat adalah penyakit yang tidak berhubungan dengan lingkungan tapi terkait dengan perubahan cuaca adalah seperti, Asma dan hidung tersumbat. Asma kalau peka terhadap cuaca jadi sering kambuh sedangkan hidung tersumbat karena keseimbangan persyarafan didaerah hidung terganggu

http://suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment