Pages

Tuesday, November 13, 2012

Sinus

TEMPO Interaktif, Jakarta -Sinus adalah rongga tulang berisi udara. Tulang ini berada di dalam pipi, belakang dahi dan alis, kedua sisi batang hidung, dan belakang hidung. Rongga rongga tulang ini bisa dengan mudah tersumbat. Sinus yang sehat dibatasi dengan lapisan tipis lendir untuk memerangkap debu, kuman, dan partikel udara lainnya.

Idealnya, lapisan tipis sebesar rambut menyapu apa pun terjebak di dalamnya mengeluarnya dari sinus, melalui bagian belakang tenggorokan dan keluar melalui perut.

Namun, keika ketika jaringan di hidung membengkak dan meradang, sinus susah kering. Perubahan suhu, alergi, merokok atau flu bisa menyebabkan pembengkakan pada sinus dan menyebabkan masalah sinus. Masalah ini biasa disebut sebagai penyakit sinus. Biasanya, penderita penyakit sinus akan bersin bersin dan meler hidungya jika terkena debu atau terserang hawa dingin.

Berikut tips untuk meringakan penyakit sinus anda

1 Menghirup UapAir
Udara kering dapat menyebabkan iritasi sinus. Adapun udara lembap bisa membantu mengurangi kemacetan hidung Anda. Menghirup uap 2-4 kali sehari uap air bisa membantu. Nyalakan pancuran dengan air panas dan tutup pintu. Hirup uap airnya

2 Buat Zona Bebas Asap
Asap dari produk pembersih kasar, cat, hair spray, parfum dan rokok bisa mengganggu sinus. Jangan biarkan teman atau keluarga merokok di dalam rumah Anda. Cari produk pembersih/pewangi berlabel ‘hijau’ dan cenderung tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat menyebabkan masalah sinus.

3 Minum Air Putih Lebih Banyak
Jika Anda memiliki masalah sinus, minum air putih lebih banyak. Mengkonsumsi lebih banyak air atau jus akan membantu lendir menipis dan mendorong aliran lendir dalam hidung. Teh panas juga dapat membantu. Minuman yang mengandung kafein atau alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Alkohol benar-benar dapat memperburuk pembengkakan sinus.

4 Coba Cuci Hidung
Mencuci hidung atau lavage nasal dapat membantu sinus tetap bersih dan lancar. Cuci hidung menggunakan larutan garam ringan untuk mengeluarkan lendir yang menebal dan alergen yang menyebabkan kemacetan sinus. Biasanya pencucian dilakukan dengan menyemprotkan larutan tersebut ke satu lubang hidung dan biarkan mengalir melalui rongga hidung dan keluar dari lubang hidung lainnya. Jangan bernapas melalui hidung selama cuci hidung.

Sebelum mencuci hidung pastikan peralatan botol, jarum plastik dalam kondisi bersih. Cairan pembersih bisa dibuat sendiri. Gabungkan sekitar 1 liter air hangat dengan 1 sendok teh garam. Tambahkan setengah sendok teh soda kue pada larutan untuk membuatnya campuran lembut di hidung.

5 Hindari Alergen Hidung
Alergi hidung dapat mengatur panggung untuk masalah sinus dengan menyebabkan selaput lendir hidung membengkak dan menutup sinus. Akibatnya sakit dan tekanan terasa dalam rongga sinus. Hindari pemicu alergi (alergen) hidung umum seperti bulu hewan peliharaan, tungau debu atau hawa dingin.

6 Obat Peringan Sinus
Beberapa obat bebas bisa membantu meringankan masalah sinus. Dekongestan semprot dan pil dapat mengurangi pembengkakan di lubang hidung. Tetapi menggunakan spray terlalu sering dapat menyebabkan kemacetan, dan memperparah sinus.

7 Atasi Infeksi Sinus
Gejala infeksi sinus ditandai dengan menebalnya sinus, lendir berwarna kuning, berbau busuk dan sakit di sekitar sinus. Jika gejala ini berlangsung selama lebih dari seminggu, berbicara dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda memerlukan antibiotik untuk membersihkan infeksi.

sumber :
tempo.com
http://forum.viva.co.id/kesehatan/31450-terapi-alami-meringankan-penyakit-sinus.html

No comments:

Post a Comment