Pages

Thursday, February 16, 2012

Cara Merawat Mulut dan Gigi Bayi

Jakarta - Meskipun bayi belum memiliki gigi, bukan berarti ibu jadi menyepelekan perawatan dan kebersihan di area tersebut. Bagaimana caranya merawat mulut bayi hingga akhirnya dia punya gigi?

Setelah bayi lahir, ibu sebaiknya membersihkab mulutnya paling sedikit dua kali sehari. Cara membersihkannya, ibu bisa menggunakan kain atau kasa yang bersih. Basahi kain atau kasa tersebut ke dalam air yang bersih. Kemudian gosok dengan lembut dan perlahan mulut bayi dengan kasa basah tersebut.

Gigi pertama bayi biasanya muncul di bagian tengah rahang bawah pada usia sekitar enam bulan. Setelah itu, setidaknya satu bulan sekali, bayi akan memiliki satu gigi baru. Gigi anak mulai lengkap ketika ia berusia 2,5 tahun.

http://wolipop.detik.com/read/2012/02/15/183822/1843469/857/cara-merawat-mulut-dan-gigi-bayi

Saat gigi bayi tumbuh, biasanya ada sejumlah gejala yang menyertainya. Beberapa gejala gigi bayi akan tumbuh di antaranya: gusi bayi merah meradang, suka menggigit dan mengunyah sesuatu, bayi jadi suka menghisap dan mengunyah tangannya, pipi memerah, mengeluarkan air liur dan cepat marah serta gelisah.

Seluruh gejala di atas umumnya akan dialami bayi selama 2-3 hari. Gejala-gejala tersebut akan hilang saat gigi bayi muncul dari gusinya.

Begitu gigi pertama bayi muncul, ibu bisa mulai membersihkannya dengan sikat kecil berbulu lembut. Gunakan sedikit pasta gigi khusus anak yang tidak mengandung gula. Sikat gigi dan gusi bayi dua kali sehari dan sebelum bayi tidur.

Gigi dan gusi bayi perlu dirawat sejak dini agar nantinya anak tidak memiliki masalah kerusakan gigi saat dewasa. Gigi susu pada bayi pun bermanfaat untuk membantu bayi mengunyah dan berbicara. Pertumbuhan gigi tetap anak juga bergantung pada pertumbuhan gigi susu.

No comments:

Post a Comment