Pages

Tuesday, December 13, 2011

Pilih Buku Sesuai Usia Anak

KOMPAS.com - Banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan membaca, antara lain menambah ilmu, menambah informasi, hingga meningkatkan wawasan seseorang. Meskipun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua saat memilih buku bacaan untuk anak, yaitu menyesuaikan jenis bacaan dengan usia anak.

Banyak orangtua yang justru membuat anaknya menjadi takut untuk membaca karena anak dipaksa untuk menjadi pintar, dan hanya membaca buku-buku ilmu pengetahuan atau buku yang bermanfaat -versi orangtuanya. Hal ini secara tak langsung membuat anak menjadi merasa terpaksa untuk membaca, padahal sebenarnya membaca bisa jadi pilihan untuk refreshing dan bersantai.

"Berikan jenis bacaan yang memang sesuai untuk anak seusianya. Dengan demikian mereka akan suka dan semangat untuk membaca buku," tutur Johanes Trihartanto, editor buku dari penerbit Erlangga, usai acara Festival Pembaca Indonesia 2011 di Pasar Festival, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/2011) lalu.

Menurut Johanes, banyak salah kaprah yang terjadi mengenai kegiatan membaca. Misalnya saja, banyak orangtua berpendapat bahwa komik bukanlah jenis buku yang bermanfaat bagi anak. "Anak akan jenuh kalau telalu sering membaca buku- buku formal yang terlalu berat untuk usia mereka. Tak ada salahnya sesekali membaca komik atau majalah. Yang paling penting adalah bagaimana menumbuhkan kecintaan anak pada membaca buku yang positif dan sesuai usianya," bebernya.

Menurut Johanes, membaca komik atau majalah sebenarnya juga memiliki berbagai manfaat tertentu, antara lain menambah pengetahuan mengenai hal-hal yang terjadi di dunia, serta merangsang kreativitas dan daya imajinasi anak. Dari komik atau buku lain selain buku pengetahuan, sebenarny

No comments:

Post a Comment